• Address : Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang
  • Call Us : 0751 7053584
  • RSS
  • INDONESIA
  • ENG

Sistem Rekrutmen


Sistem Rekrutmen

 

Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa dilakukan oleh PPS FT UNP dengan terlebih dahulu mendaftar secara online melalui laman http://spmb.unp.ac.id/pps/s3/registrasi/  dengan memenuhi persyaratan administratif serta informasi mengenai program Pasca Sarjana melalui website Pasca Sarjana Fakultas Teknik pada laman http://pps.ft.unp.ac.id/web/web/pages/24/doktor-s3-ptk  atau dapat juga mendapatkan informasi ke sekretariat Pasca Serjana FT UNP dengan memperoleh brosur/liflet penerimaan mahasiswa. Adapun persyaratan dan prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru dapat dijelaskan dengan prosedur sebagai berikut:

1. Kriteria Calon Mahasiswa

Prodi S3 PTK FT UNP menerima calon mahasiswa dengan persyaratan berikut:

  1. Telah berkualifikasi S-2 (Magister) dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2 Pendidikan Kejuruan atau Teknik murni atau dari dalam maupun luar negeri atau yang telah disetarakan.

b.   Berasal dari :

  1. Pendidik dan/atau tenaga kependidikan yang bertugas di perguruan tinggi teknologi dan vokasi, sekolah kejuruan baik negeri maupun swasta,
  2. Pegawai di lingkungan lembaga struktural/dinas kependidikan bidang teknologi dan kejuruan, dan lembaga lainnya,
  3. Tenaga pada organisasi sosial-kemasyarakatan,
  4. Perorangan yang tidak terikat pada kelembagaan/ keorganisasian tertentu,
  5. Dalam negeri dan luar negeri (calon dari luar negeri sesuai dengan peraturan yang berlaku).

c.   Telah memenuhi persyaratan seleksi dan administrasi.

 2. Penerimaan Mahasiswa Baru

a.   Umum

  1. Pendaftaran mahasiswa baru Prodi S3 PTK FT UNP dilaksanakan sepanjang tahun dan seleksi menjelang tahun akademik baru.
  2. Informasi tentang penerimaan mahasiswa diumumkan melalui website pada laman http://pps.ft.unp.ac.id/web/web/pages/24/doktor-s3-ptk dan melalui penyebaran leaflet.

b.  Persyaratan

Persyaratan dasar calon mahasiswa Prodi S3 PTK FT UNP  adalah sebagai berikut:

  1. Sehat jasmani dan rohani dengan keterangan dokter.
  2. Lulus S-2 (Magister) dengan latar belakang pendidikan S1 dan S2 Pendidikan Kejuruan atau Teknik murni atau dari dalam maupun luar negeri atau yang telah disetarakan.
  3. Lulus seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Prodi S3 PTK.
  4. Memenuhi persyaratan administratif.
  5. Menyerahkan rekomendasi kompetensi calon mahasiswa S3 dari dua orang dosen (minimal S3) terdahulu yang mengenal secara dekat.

c.   Pelaksanaan Pendaftaran dan Seleksi

  1. Pendaftaran calon mahasiswa program S-3 melalui laman http://spmb.unp.ac.id/pps/s3/registrasi/
  2. Ujian seleksi masuk yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes kemampuan bahasa Inggris. Bagi mahasiswa yang memiliki skor TPA Bapenas dan TOEFL Institusional dengan skor TPA minimal 475 dan TOEFL minimal 500 maka calon mahasiswa dapat diterima langsung tanpa mengikuti tes tulis
  3. Pengalaman bekerja, terutama dalam bidang kependidikan, dapat dipertimbangkan dalam seleksi calon mahasiswa.
  4. Penetapan calon mahasiswa yang diterima dilakukan dalam rapat pimpinan Prodi S3 PTK. 
  5. Pemberitahuan tentang hasil seleksi secara langsung melalui laman website http://pps.ft.unp.ac.id/web/web/pages/24/doktor-s3-ptk dan laman http://spmb.unp.ac.id/index.php/main/pengumuman

d.  Pendaftaran Ulang

  1. Mahasiswa yang diterima mendaftar dan Membayar SPP dan Uang Pembangunan yang bertempat di semua kantor Cabang Bank Nagari secara online atau Bank Nagari Cabang UNP.
  2. Sudah melunasi pembayaran SPP, maka NIM mahasiswa diaktifkan oleh sistem dan dilanjutkan dengan pengisian Prasireg dan KRS online yang dapat dilakukan di dimana saja secara online melalui website http://prasireg.unp.ac.id (NIM dan password dapat dilihat pada tanda terima pembayaran SPP).

 

 3. Beasiswa

  1. Sesuai dengan peraturan yang berlaku mahasiswa dapat memperoleh beasiswa dari pemerintah (BPPS).
  2. Beasiswa atau bantuan dana pendidikan lainnya dapat diperoleh dari pihak-pihak lain. Pimpinan Prodi S3 PTK dapat membantu secara administratif dalam pengurusan bantuan dana pendidikan yang dimaksudkan itu apabila hal tersebut memang diperlukan.

 

All Rights Reserved © Copyright 2016 Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang